Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ramai Fintech Ilegal, Ini Tujuh Panduan Jauhi Aplikasi Pinjaman Online

 Masifnya perkembangan perusahaan tehnologi keuangan atau fintech membuat penyuplai layanan Aplikasi pinjaman online tumbuh subur. Tingginya ketertarikan warga untuk ambil utang melalui program membuat beberapa situs pinjol mulai terus-menerus mempromokan layanan yang dipunyainya. 

Anda harus siaga karena tidak seluruhnya perusahaan yang sediakan program pinjol rupanya lawful atau tercatat di Kewenangan Layanan Keuangan (OJK). Anda quip harus siaga karena pinjam uang ke pinjol ilegal malah dapat bikin rugi bahkan juga jadi memperburuk keadaan keuangan. 

Berikut tujuh panduan menghindar Aplikasi pinjaman online ilegal sama seperti yang dikutip account Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (@Kemenkominfo), seperti diambil Ahad (4/4). 

1. Jauhi iklan ajakan menonjol 

Beberapa dari korban pinjol illicit mengikut Aplikasi pinjaman online dari pesan semacam ini. Adukan nomor itu pada pihak yang berkuasa. 

2. Check utang dari situs sah OJK 

Pakai fintech (monetary innovation) shared loaning sah, yang tercatat di site Kewenangan Layanan Keuangan (OJK). Tidak boleh karena hanya di program ada simbol OJK langsung yakin demikian saja. 

3. Yakinkan validitas dan reputasi advanced 

Check validitas dan reputasi advanced perusahaan Aplikasi pinjaman online itu untuk pastikan alamat kantor atau pengurus yang pasti. 

4. Jauhi pinjaman dengan charge besar 

Jauhi pinjaman dengan bunga atau charge besar. Tidak boleh gampang dipengaruhi dengan iklan aneh yang mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu 

BACA JUGA 

5. Cermat persyaratan dan ketetapan berlaku 

Beberapa Aplikasi pinjaman online lakukan pemerasan dengan otomatis. Harus cermat dahulu persyaratan dan ketetapan janganlah sampai terjerat. 

6. Unduh program penyuplai administration program sah 

Yakinkan mengambil di premise sah, seperti Google Play atau App Store. Aplikadi bisa juga didownload lewat sah penyuplai fintech. 

7. Siaga penyimpangan information individual 

Jauhi syarat Aplikasi pinjaman online yang minta ijin untuk terhubung contact handphone, photograph kartu atm, sampai photograph selfie menggenggam kartu identitas. 

Siaga pada perangkap keringanan dalam lakukan satu utang. Karenanya ariflah saat menentukan bila ingin lakukan Aplikasi pinjaman on the web. Bila perlu, tulis nomor konsumen care dan nomor aduan dari OJK untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang tidak diharapkan. 

Baca Secara lengkap: https://www.harianaceh.co.id/2021/04/04/marak-fintech-ilegal-ini-tujuh-tips-hindari-pinjaman-on the web/#ixzz6r8DfrNgN 

Follow us: @kbharianaceh on Twitter | harianaceh.indonesia on Facebook