Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Keistimewaan Kota Napoli yang Merupakan Pelabuhan Terbesar Italia

Pelabuhan Napoli ItaliALAM PEDIA – Napoli (dalam bahasa Inggris disebut Naples dan dalam bahasa Latin disebut Neapolis yang berarti "kota baru") merupakan kota terbesar ketiga di Italia setelah Roma dan Milan. Kota ini didirikan pada sekitar abad ke-7 atau 6 SM dan menjadi ibukota bagi wilayah Campania. Napoli memiliki ekonomi perkotaan terbesar keempat di Italia, setelah Milan, Roma dan Turin. Pelabuhan di Napoli merupakan salah satu yang paling penting di Eropa, dan memiliki tingkat tertinggi kedua di dunia dalam hal arus penumpang, setelah pelabuhan Hong Kong. 

Napoli secara luas dikenal karena kekayaan akan museum sejarahnya. Museum Arkeologi Nasional Napoli adalah salah satu museum utama kota ini, yang menyimpan koleksi artefak paling luas dari Kekaisaran Romawi di dunia. Termasuk juga terdapatnya banyak barang antik yang digali dari Pompeii dan Herculaneum, serta beberapa artefak dari Yunani dan di masa periode Renaissance. Di Napoli juga terdapat sebuah istana kuno bersejarah, Castel Nuovo, yang merupakan salah satu landmark terkemuka di kota ini, dibangun pada masa Charles I, Raja Napoli pertama.

Napoli juga dikenal dengan jalan-jalannya yang sempit (kota pertama di dunia yang membuat para pejalan kaki berjalan satu arah), sehingga masyarakat umum biasanya menggunakan compact hatchback mobil dan skuter untuk transit pribadi. Sejak tahun 2007, Napoli telah terhubung ke Roma dengan kereta api berkecepatan tinggi yang dijalankan oleh Treno Alta velocità , dengan kereta berjalan pada hampir 300 km / h (186 mph). Selain itu Napoli juga memiliki jaringan transportasi umum yang luas, termasuk trem, bus, tram dan trolleybuses , yang sebagian besar dioperasikan oleh perusahaan municipally yang dimiliki Azienda Napoletana Mobilità (ANM). 

Napoli menyediakan begitu banyak peluang berlimpah agar para pengunjung akan tergoda untuk mencoba semuanya. Diantaranya kesempatan untuk tur dibawah vila yang dihiasi dengan mosaik, peternakan ikan kuno dan port Romawi dalam Underwater Archaeological Park. Sedangkan untuk para pecinta belanja, anda dapat memilih berbagai macam kreasi buatan tangan dan souvenir lucu khas Napoli. Di jalan-jalan pusat tersedia berbagai lokakarya, toko-toko dan butik (di mana selama Natal kreativitas mencapai puncaknya) yang menjual barang-barang fashion seperti aksesoris kulit, dasi, sepatu, emas dan payung buatan tangan eksklusif.

Napoli kaya akan tradisi, sejarah, seni dan kebudayaan, dan dikenal sebagai tempat asal pizza serta terkenal akan es krimnya (yang dinamakan neapolitano). Napoli adalah harta karun seni yang nyata dan telah ditunjuk sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. PADI WEB/Edi Sucipto/09-14. Foto dikutip dari : www.holiday-weather.com
*Referensi berasal dari berbagai sumber.